latest Post

PERKEMBANGAN KOMPUTER



Sejarah Komputer
Penemu Komputer Pertama Charles Babbage lahir di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Southwark, London, 26 Desember 1791, anak dari Benjamin Babbage, seorang Banker. Dikenal sebagai salah satu pelopor atau penemu dari komputer pertama kali. Charles Babbage merupakan salah seorang ilmuwan di dunia yang tercatat sebagai penemu Komputer Pertama, yang telah banyak memberikan karyanya pada kehidupan manusia, khususnya bidang komputer. Mesin penghitung yang ditemukan oleh Charles Babbage (1791-1871) adalah salah satu ikon yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakan kalkulator otomatis pertama. Babbage juga terkenal dengan julukan bapak komputer. The Charles Babbage Foundation memakai namanya untuk menghargai kontribusinya terhadap dunia komputer.
Pengertian Komputer
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas). Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

Geneasi Komputer
Terdapat lima generasi pada komputer diantaranya adalah:
Generasi pertama (1946 – 1959).
Pada saat perang dunia kedua, beberapa Negara berusaha untuk mengembangkan komputer dan mempercepat kemajuan teknik komputer. Sedangkan ciri-ciri komputer pada generasi pertama meliputi penggunaan tube vakum yang membuat komputer tersebut berukuran besar.
Generasi kedua (1959 – 1964)
Pada generasi ini komputer mengunakan komponen – komponen transistor untuk pusat processing unit dan magnetic untuk memori, dan ciri – ciri komputer generasi kedua adalah berorientasi pada bisnis dan teknik, tidak banyak mengeluarkan panas dan program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi.
Generasi ketiga (1964 – 1970)
Lalu pada generasi ketiga, komputer ini telah dilengkapi dengan IC (integrated circuit) yang dibuat oleh ilmuan di texas instrument yang bernama Jack Kilby, kemudian ciri – ciri generasi ketiga adalah penggunaan IC, ukuran komputer menjadi lebih kecil, ditemukannya sistem informasi.
Generasi keempat (1979 – sekarang)
Komputer generasi keempat adalah komputer yang kita temui pada saat ini. Komputer yang dalam komponen elektriknya masih menggunakan mikrochip walaupun ukurannya dan bahan yang digunakan berbeda. Ukurannya lebih kecil membuat ukuran komputerpun lebuh sederhana.

Perkembangan komputer
Perkembangan komputer merupakan dari lanjutan generasi kelima, yang dimana belum terwujud kerana komputer generasi ini merupakan komputer impian masa depan, pembuatan komputer generasi kelima nantinya akan lebih kompleks, komputer generasi ini dipekirakan mempunyai lebih banyak unit pengelolahan yang bekerja secara serentak untuk menyelesaikan lebih dari satu masalah dalam waktu bersamaan.

Manfaat komputer bagi masa depan
Pada era globalisasi, komputer sangat berguna bagi kehidupan manusia. Tentunya komputer dapat mendukung kegiatan mobilitas manusia, dalam implementasinya dalam melakukan pekerjaan. Kendati demikian, komputer akan sangat diperlukan di masa yang akan datang. Karena dimasa depan mobilisasi akan berjalan otomatis, tentunya komputer sangat diperlukan dalam hal ini.

About Wahyu Putra Pamungkas

Wahyu Putra Pamungkas
Recommended Posts × +

0 komentar:

Posting Komentar