latest Post

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA BILLING WARNET MENGGUNAKAN EXPLORER




BAB I
PENDAHULUAN


1.1      Latar Belakang
Sejalan dengan berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan seperti pada saat ini, kebutuhan masyarakat akan kemudahan proses pada segala bidang kerja semakin meningkat, komputer yang salah satu memiliki banyak kelebihan diantaranya kecepatan, keakuratan serta efisiensi dalam pengolahan data dibandingkan dengan sistem manual. Pengolahan data menjadi informasi inilah dijadikan sebagai salah satu kelebihan dari komputer. Sebetulnya computer sudah merambat dalam dunia bisnis, karena ketatnya persaingan pada dunia bisnis telah menciptakan kompetisi yang ketat antara badan usaha satu dengan yang lain sehingga perkembangan teknologi harus selalu diikuti.
Dalam dunia bisnis selalu membutuhkan sistem untuk mengumpulkan, mengolah,
menyimpan, melihat kembali dan menyalurkan informasi. Informasi adalah salah satu sarana
yang dapat membantu dalam kegiatan tersebut. Hasil sistem informasi berdasarkan komputer
akan mempunyai nilai lebih dari pada system yang diolah secara manual yang memiliki jumlah
data yang banyak memerlukan penanganan khusus.

1.2      Rumusan Masalah
1.      Apa itu billing dan warnet ?
2.      Bagaiman konsep Billing warnet?
3.    Keunggulan dan Kelemahan software billing warnet?

1.3      Tujuan Penulisa
1.      Untuk mengetahui billing dan warnet
2.      Untuk mengetahui konsep Billing dan Warnet
3.      Untuk mengetahui Keunggulan dan Kelemahan sistem Biiling pada warnet




BAB II
PEMBAHASAN


2.1   Billing dan Warnet
a. Pengertian Billing.
Billing berasal dari bahasa Inggris yaitu Bill (Noun), yang artinya bukti transaksi  pembayaran. Maka Billing (adv) dapat juga diartikan mengirimkan bukti transaksi, atau mengumumkan bukti transaksi (wikipedia Indonesia).
b. Pengertian Warnet.
            Warung Internet adalah sebuah kata yang berkembang di antara para aktivis Internet Indonesia pada tahun 1997-1998 untuk sebuah kios yang memiliki banyak komputer untuk di sewakan bagi pengakses Internet. Pada masa itu, secara tidak sadar terjadi perebutan singkatan dari Warung Internet antara WARIN dan WARNET. Seharusnya jika kita konsisten dengan proses menyingkat kata, seperti WARTEG (Warung Tegal) dan WARTEL (Warung Telekomunikasi), maka yang seharusnya di pilih adalah WARIN.
    Warung Internet atau warnet adalah salah satu bentuk usaha yang dikelola oleh kelompok atau individu yang memberikan pelayanan dalam bentuk jasa internet oleh penggunanya. Biasanya pengguna dikenakan biaya per jam atau lebih, sesuai lama penggunaan.

2.2  Konsep Billing Warnet
Setiap bidang usaha kini selalu melakukan transaksi, apalagi bidang-bidang yang selalu melakukan transaksi dalam jumlah besar seperti rumah sakit atau Depertement store atau bidang usaha yang transaksinya berbentuk abstrak seperti usaha warung internet atau warung game online, dan disinilah sistem billing bekerja.
Sistem billing merupakan sistem yang membantu para usahawan untuk mengatur dan mencatat segala transaksi yang terjadi. Contohnya bagi pengusaha warung internet, billing sistem digunakan untuk memonitor penggunaan dan pemasukan warnetnya. Sedangkan jika bagi usahawan di bidang perumah sakitan sistem billing digunakan untuk mencatat proses pelayanan, mulai pasien datang sampai dengan pasien pulang secara otomatis.

  2.3  Keunggulan dan Kelemahan software biling explorer
            Sistem billing yang ada pada warnet ini mempunyai keunggulan dan kelemahan, berikut ini adalah keunggulan dari penggunaan software billing warnet ini :
1.      Membuat PC Tetap Stabil dan Tidak Mudah Hang/Crash.
2.      Instalasi Sangat Mudah.
3.      Tidak Perlu Lagi Instalasi Database.
4.      Tidak Perlu Software Tambahan.
5.      System Automatic Backup.
6.      Lampu Mati, Data Tidak Hilang.
7.      Client Hang, Tidak Mengganggu Server.

     Adapula kekurangan yang dimiliki dari software billing ini dalam hal keamanan yang Mudah dibobol dan dimanipulasi, mudah di hack, dan jika software masternya  terkena virus kemungkinan seluruh datanya hilang dan sulit untuk mencari history backupnya.




BAB III
PENUTUP


A.    Kesipulan
         Jasa internet sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mencari informasi yang formal maupun tidak formal. Internet sangat bermanfaat terutama bagi pelajar untuk mengerjakan tugas, karena di zaman yang modern ini informasi-informasi sangat mudah di dapatkan jika menggunakan akses internet  bahkan sudah banyak Warnet (warung internet) yang tidak hanya memberikan akses browsing saja, melainkan juga memberikan akses game online yang tentunya banyak mengundang orang-orang untuk datang ke warnet.

B.     Saran
       Untuk membuka usaha warnet sebaiknya perlu dilihat apa saja yang harus di perhatikan dan membuat usaha tersebut sangat bermanfaat bagi para penggunanya. Selain itu juga memperkecil dampak negatif dari adanya usaha warnet. 

About Wahyu Putra Pamungkas

Wahyu Putra Pamungkas
Recommended Posts × +

0 komentar:

Posting Komentar