latest Post

CARA MEMBUAT PROGRAM PENGULANGAN PADA COBOL





Kali ini saya akan membuat program pengulangan dengan menggunakan aplikasi cobol. Dan yang pertama saya membuat program pengulangan angka, dibawah ini adalah codingannya: 



Penjelasannya:
Identification division. untuk memberikan deskripsi tentang program yang akan kita buat, mulai dari nama program, pembuat program dan lain-lain.
Environment division. untuk memberikan informasi peralatan yang diberikan ke dalam program yang akan menghasilkan input-output.
Data division. untuk memberikan sebuat variabel data pada program yang akan dibuat,
Working-storage division. untuk mendeklarasikan beberapa variabel yang digunakan dalam mengcoding.
01 input-data. untuk mendeklarasikan sebuah perintah awal.
02 I pic 9. Untuk mendeklarasikan memasukan variabel yang akan digunakan, begitupun seterusnya.
Procedure division. untuk menjalankan sebuah langkah dalam mengcoding,
Display ( , ) ‘masukan angka:’. Accept nilai. Artinya menampilkan tulisan masukan angka dan juga menampilkan hasil dari inputan yang dimasukan.
Perform cetak varying i from 1 by 1 until i > nilai
After j from 1 by 1 until j > i.
Artinya akan melakukan penjumlahan dari variabel i mulai dari nilai satu yang akan di tambah satu dan nilainya terus mengulang sampai batas nilai yang diberikan, dan juga pada variabel j akan mengulang dan juga berhenti jika nilai variabel j sudah melebihi dari nilai variabel i.
Display (, ) j “ “. Artinya akan menampilkan nilai dari variabel j.
If i = j display space. Artinya jika nilai dari variabel i dan j sama akan memberikan spasi.

Setelah selesai mengcoding, saya akan masuk kedalam dosbox kemudian saya samsuk ke disk e, lalu saya masuk ke folder cobol (karena saya menyimpan codingan tadi di folder cobol) kemudian saya akan mengcompile codingan saya apakah masih ada kesalahan atau tidak, seperti gambar dibawah ini:



Kemudian jika sudah decompile dan hasilnya no error or warning menandakan bahwah program yang kita buat tidak terjadi masalah dan siap untuk dijalankan, cara menjalankan program yang sudah di compile dengan meuliskan runcob (nama file).cob seperti gambar dibawah ini:



Kemudian akan muncul program yang sudah kita buat tadi, tinggal kita masukan angkanya dan keluarlah hasilnya seperti gambar dibawah ini:



Dan sekarang saya akan membuat program pengulangan yang kedua tapi menggunakan simbol bintang, codingannya seperti gambar dibawah ini:



Penjelasannya:
Perform cetak varying i from 1 by 1 until i = nilai
after j from nilai by -1 until j < i.
Artinya pada variabel i akan mencetak nilai satu yang akan di tambah satu sesuai dengan nilai yang dimasukan, kemudian variabel j akan memasukan nilai yang dimasukan kemudian akan dikurangkan satu sehingga nantinya nilai variabel j kurang dari nilai dari varibel i.
Display (, ) ‘*’ “ “. Artinya yang akan dicetak nanti berupa simbol bintang.

Sama seperti langkah diatas, jika sudah membuat codingannya tahap selanjutnya yaitu di compile, dan jika sudah di compile dan tidak terjadi kesalahan maka siap untuk di run, maka tampilannya seperti gambar dibawah ini:



About Wahyu Putra Pamungkas

Wahyu Putra Pamungkas
Recommended Posts × +

0 komentar:

Posting Komentar