latest Post

Membuat Garis Vertikal, Horizontal dan Diagonal Pada Java Menggunakan Open GL


Untuk membuat program Garis menggunakan Java (menggunakan Netbeans) kita membutuhkan Java Development Kit, Java IDE (Netbeans), Library LWJGL (lwjgl-2.9.1.zip dan lwjgl-source-2.9.1.zip) . Library LWJGL ini berfungsi untuk menghubungkan Netbeans dengan OpenGL.

Memasang lwjgl pada Netbeans langkah pertama buat folder lwjgl di dalam folder NetbeansProject kemudian extract file yang ada didalam rar lwjgl-2.9.1.zip dan lwjgl-source-2.9.1.zip kedalam NetbeansProject lalu pindahkan src, platform_build dan build.xml ke dalam folder lwjgl.



Sehingga yang ada di dalam folder NetbeansProject adalah: (lihat yang di tandai warna biru)


Lalu buka folder lwjgl-2.9.1 > native > folder, copy yang bertanda biru.


Buka Netbeans tadi klik kanan LineMaker pada bagian projects > properties > klik run lalu ubah pada vm options ( yang dicopy tadi di paste ke sini setelah tulisan path= ) seperti gambar dibawah ini.





Sebelum kita mengkoding program garis ini, yang harus dilakukan adalah import file lwjgl ke dalam libraries java dengan cara klik kanan pada libraries kemudian pilih add library pilih create lalu masukan library namenya kalua saya pakai nama wahyu kemudian pilih add JAR\Folder kemudian pilih di folder NetBeansProjects\lwjgl-2.9.1\native\windows kemudian pilih yang jinput, lwjgl dan lwjgl_util kemudian pilih ok. Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini:






Materi selengkapnya bisa download disini




About Wahyu Putra Pamungkas

Wahyu Putra Pamungkas
Recommended Posts × +

0 komentar:

Posting Komentar