API (Application Programming
Interface) adalah sekumpulan perintah, fungsi, dan protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi lain.
Dalam contoh sederhana, dibutuhkan setidaknya
ribuan system calls per
detik. Oleh karena itu Kebanyakan programmer membuat
aplikasi dengan menggunakan Application Programming Interface(API). Dalam API itu
terdapat fungsi-fungsi/perintah-perintah untuk menggantikan bahasa yang
digunakan dalam system calls dengan
bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti oleh programmer. Fungsi
yang dibuat dengan menggunakan API tersebut kemudian akan memanggil system callssesuai
dengan sistem operasinya. Tidak tertutup kemungkinan nama dari system callssama
dengan nama di API.
Keuntungan memprogram dengan
menggunakan API adalah:
- Portabilitas. Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system callberbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja berbeda.
- Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan pengembangan.
System
call interface ini
berfungsi sebagai penghubung antara API dan system call yang
dimengerti oleh sistem operasi. System call interface ini
akan menerjemahkan perintah dalam API dan kemudian akan memanggil system calls yang diperlukan. Untuk membuka
suatu file tersebut user menggunakan
program yang telah dibuat dengan menggunakan bantuan API, maka perintah
dari user tersebut diterjemahkan dulu oleh program
menjadi perintah open().Perintah open() ini merupakan perintah dari API dan bukan
perintah yang langsung dimengerti oleh kernel sistem operasi. Oleh karena itu,
agar keinginan userdapat dimengerti oleh sistem
operasi, maka perintah open() tadi
diterjemahkan ke dalam bentuk system call oleh system call interface. Implementasi perintah open() tadi bisa bermacam-macam tergantung dari
sistem operasi yang kita gunakan.
Sebagai contoh, Amazon.com merilis API sehingga pengembang situs web dapat lebih mudah mengakses informasi produk Amazon, menggunakan Amazon API, sebuah situs web pihak ketiga dapat memposting link langsung ke produk Amazon dengan harga yang terupdate dan pilihan untuk “beli sekarang".
Dasar Pemasaran
Pemasaran adalah salah satu fungsi
organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan dan
menyerahkan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara
yang menguntungkan organisasi dan para pemlik sahamnya. Pemasaran sosial
merupakan suatu proses sosial yang di dalamnya individu dan kelompok.
Konsep-konsep pemasaran:
- konsep produksi adalah konsep ini menegaskan bahwa konsumen akan memilih produksi yang tersedia dimana-mana dan murah.
- konsep produk adalah menyatakan bahwa konsumen akan lebih menyukai produk yang menawarkan fitur-fitur paling bermutu,berprestasi,atau inovatif.
- konsep penjualan adalah menyatakan bahwa konsumen dan bisnis ,jika di tinggalkan sendiri biasanya tidak akan membeli cukup banyak produk-produk organisasi.
- konsep pemasaran adalah menegaskan bahwa kunci untuk mwncapai tujuan organisasi yang di tetapkan adalah perusahaan tersebut harus menjadi lebih efektif dibandingkan para pesaing dalam menciptakan ,menyerahkan dan mengkonsumsikan nilai pelanggan kepada pasar sasaran yang terpilih.
Dimensi
pemasaran berupa:
Pemasaran relasi, pemasaran terpadu, pemasaran internal dan pemasaran yang bertanggung jawab.
Pemasaran relasi, pemasaran terpadu, pemasaran internal dan pemasaran yang bertanggung jawab.
Robot humanoid adalah robot yang penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia,
mampu melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang
dibuat-untuk-manusia. Secara umum robot humanoid memiliki tubuh dengan kepala, dua buah lengan dan dua kaki, meskipun ada pula beberapa bentuk robot humanoid yang hanya
berupa sebagian dari tubuh manusia, misalnya dari pinggang ke atas. Beberapa
robot humanoid juga memiliki 'wajah', lengkap dengan 'mata' dan 'mulut'. Android merupakan robot
humanoid yang dibangun untuk secara estetika menyerupai manusia.
Tujuannya:
Robot humanoid digunakan sebagai alat riset pada beberapa area ilmu pengetahuan. Periset perlu mengetahui struktur dan perilaku tubuh manusia (biomekanik) agar dapat membangun dan mempelajari robot humanoid. Di sisi lain, upaya mensimulasikan tubuh manusia mengarahkan pada pemahaman yang lebih baik mengenai hal tersebut. Kognisi manusia adalah bidang studi yang berfokus kepada bagaimana manusia belajar melalui informasi sensori dalam rangka memperoleh keterampilan persepsi dan motorik. Pengetahuan ini digunakan untuk mengembangkan model komputasi dari perilaku manusia dan hal ini telah berkembang terus sepanjang waktu.
Robot humanoid digunakan sebagai alat riset pada beberapa area ilmu pengetahuan. Periset perlu mengetahui struktur dan perilaku tubuh manusia (biomekanik) agar dapat membangun dan mempelajari robot humanoid. Di sisi lain, upaya mensimulasikan tubuh manusia mengarahkan pada pemahaman yang lebih baik mengenai hal tersebut. Kognisi manusia adalah bidang studi yang berfokus kepada bagaimana manusia belajar melalui informasi sensori dalam rangka memperoleh keterampilan persepsi dan motorik. Pengetahuan ini digunakan untuk mengembangkan model komputasi dari perilaku manusia dan hal ini telah berkembang terus sepanjang waktu.
Sensor:
Sensor merupakan alat yang dapat mengukur beberapa atribut dan merupakan salah satu dari tiga primitif dari robotika (disamping perencanaan dan pengendalian). Penginderaan memainkan peranan penting dalam paradigma robotika. Sensor dapat digolongkan berdasarkan proses fisik dengan apa yang mereka kerjakan atau berdasarkan kepada jenis informasi pengukuran yang mereka berikan sebagai keluaran. Dalam kasus ini, pendekatan kedua yang dipergunakan.
Sensor merupakan alat yang dapat mengukur beberapa atribut dan merupakan salah satu dari tiga primitif dari robotika (disamping perencanaan dan pengendalian). Penginderaan memainkan peranan penting dalam paradigma robotika. Sensor dapat digolongkan berdasarkan proses fisik dengan apa yang mereka kerjakan atau berdasarkan kepada jenis informasi pengukuran yang mereka berikan sebagai keluaran. Dalam kasus ini, pendekatan kedua yang dipergunakan.
Aktuator:
Akuator merupakan motor yang bertanggungjawab untuk gerakan pada robot. Robot humanoid dibangun sedemikian rupa agar mereka mirip dengan tubuh manusia, maka mereka juga mempergunakan aktuator yang berlaku seperti otot dan sendi, meskipun dengan struktur yang berbeda. Agar dapat mencapai efek yang sama dengan gerakan manusia, robot humanoid terutama menggunakan aktuator rotari. Mereka dapat berupa elektrik, pneumatrik, hidraulik, piezoeletrik, atau ultrasonik.
Akuator merupakan motor yang bertanggungjawab untuk gerakan pada robot. Robot humanoid dibangun sedemikian rupa agar mereka mirip dengan tubuh manusia, maka mereka juga mempergunakan aktuator yang berlaku seperti otot dan sendi, meskipun dengan struktur yang berbeda. Agar dapat mencapai efek yang sama dengan gerakan manusia, robot humanoid terutama menggunakan aktuator rotari. Mereka dapat berupa elektrik, pneumatrik, hidraulik, piezoeletrik, atau ultrasonik.
Pekerjaan teknik informatika bagi masa depan
diantaranya adalah:
1. Programmer
Seperti pada tugas dan pembelajaran dasarnya, bahwa menjadi lulusan teknik
informatika erat kaitannya dengan pembuatan program. Membuat program sebagai
perangkat lunak dari komputer untuk memudahkan fungsi – fungsi tertentu,
menjadi tugas inti dari seorang programmer. Programmer yang dapat bekerja dalam
segala bidang kerja ini, baik industri, pertelevisian, perbankan, media,
instansi pemerintah, bisnis dan ekonomi, dan lain sebagainya, dapat menjadi
prospek kerja terbaik bagi lulusan teknik informatika.
2.
IT Consultant
Mendalami
bidang IT atau Teknologi Informasi tentu menjadikan seseorang menjadi fasih dan
paham akan teori – teori teknologi, bahasa – bahasa pemograman, serta
kelihaiannya membuat program berbasis komputer yang efektif untuk dijalankan.
Atas asumsi ini, lulusan teknik informatika pun dapat menjadi seorang IT
Consultant! Ya, dengan menjadi konsultan IT, seorang lulusan teknik informatika
dapat menerapkan ilmu – ilmunya secara nyata dalam suatu organisasi, mulai dari
perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi dalam menerapkan teknologi dan
informasi di dalamnya.
3. Web Engineer / Web Administrator
Website
adalah salah satu wujud nyata dari berkembangnya teknologi dan informasi sampai
saat ini. Website menjadi media dan lahan untuk menyampaikan informasi yang
berbasis komputer. Namun, untuk membuat website, tentu haruslah memahami
rincian – rincian teori dari pemrograman, yang pada nyatanya hal ini ialah
ranah pembelajaran dari lulusan teknik informatika. Ya! Menjadi perancang
website lengkap dengan basis domain, fitur, fasilitas dan layanan yang
diberikan di dalamnya, menjadi salah satu tugas dari web engineer ataupun web
administrator. Selain merancangnya, web engineer atau web administrator juga
memiliki tanghung jawab untuk melakukan pemeliharaan dan mengembangkannya lebih
luas lagi jika dibutuhkan.
4.
Database Engineer / Database Administrator
Meski
masih terkait dengan program beserta pengembangannya, namun pada pekerjaan
sebagai Database Engineer atau Database Administratorhanya terfokus pada pengembangan
basis data saja. Data – data yang terdapat dalam sebuah instansi atau
perusahaan, dirancang dan dipelihara sebaik mungkin agar teratur, tidak
berantakan sehingga kehilangan ataupun pencurian – pencurian data tidak
terjadi. Untuk mengerjakan hal ini, lulusan teknik informatika tentu adalah
orang yang sangat tepat.
5. Game Developer
Mempelajari
Teknik Informatika, terkadang juga dibekali dengan keahlian komputer grafis.
Dengan adanya perpaduan dari dua keahlian ini, seorang lulusan teknik informatika
juga dapat menjadi seorang game developer. Ya, membuat dan mengembangkan
perangkat lunak untuk multimedia game, merupakan prospek kerja yang cukup
menjanjikan bagi lulusan teknik informatika. Terlebih lagi, jika games yang
dilempar ke pasaran tersebut menjadi games yang fenomenal dan membuat siapapun
yang memainkannya menjadi addicted. Dijamin, pundi – pundi uang akan terus
mengalir ke dalam rekening anda.
Permasalahan/Kasus yang terjadi pada
pekerja teknik informatika bagi masa depan:
Pada
era modern ini sudah banyak sekali sekolah atau bahkan perguruan tinggi yang
mempunyai jurusan teknologi informasi yang dimana setiap lulusannya sudah
dibekali ilmu yang mempelajari tentang teknologi informasi, tapi yang menjadi
inti permasalahannya adalah tidak semua siswa atau mahasiswa yang mengambil
jurusan tersebut mampu menguasai teknologi informasi, dan juga ada yang mungkin
sebelumnya salah mengambil jurusan dan akhirnya sama sekali tidak mendapatkan
ilmu yang selama ini dipelajari, atau bahkan ada yang benar-benar serius dan
menguasai di bidang teknologi informasi tetapi memiliki saingan yang cukup
banyak karena hampir setiap sekolah yang berbasis teknologi komputer dan
perguruan tinggi yang mempunyai jurusan teknologi informasi juga mengeluarkan
lulusan yang baik juga, dan hal yang terpenting bagi setiap lulusan harus terus
optimis dan terus mengembangkan diri agar dapat bersaing dengan orang lain
sehingga mendapatka pekerjaan yang sesuai dengan jurusan yang diambil.
Pengertian Bisnis
Bisnis
ialah suatu organisasi yang menjual jasa atau barang kepada pembeli atau komsumen
ataupun bisnis lainnya, untuk memperoleh laba. Ada tiga hal penting dalam
bebisnis yaitu menghasilkan barang dan jasa, mencari profit dan memaksimalkan
kebutuhan konsumen. Dalam dunia perekonomian bisnis memiliki karakteristik
yakni sebagai berikut:
1.
Lembaga atau institusi
atau organisasi social dan ekonomi
2.
Berhubungan dengan
berbagai barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan manusia
3.
Mencari laba, profit
atau keuntugan.
4.
Menentukan harga yang
sesuai
5.
Akan ada kemungkinan
mengalami kerugian
Ada juga beberapa pengertian
bisnis menurut para ahli yang mengungkapkan pendapatnya, sebagai berikut:
Pengertian Bisnis menurut
Musselman adalah keseluruhan dari aktivitas yang diorganisir
oleh orang yang tidak berurusan di dalam bidang industri dan perniagaan yang
menyediakan barang dan jasa agar terpenuhinya suatu kebutuhan dalam perbaikan
kualitas hidup.
Pengertian Bisnis Menurut
Hooper, Pengertian Bisnis adalah keseluruhan yang lengkap pada
berbagai bidang seperti industri dan penjualan, industri dasar dan industri
manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankkan, transportasi, insuransi dan
lain sebagainya; yang kemudian melayani dan memasuki dunia bisnis secara
menyeluruh.
Pengertian Bisnis Peterson
dan Plowman mengemukakan Pengertian Bisnis
merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pembelian ataupun
penjualan barang dan jasa yang dilakukan secara berulang-ulang. Menurut
paterson dan plowman, penjualan jasa ataupun barang yang hanya terjadi satu
kali saja bukanlah merupakan pengertian bisnis.
Tujuan
Bisnis
Tujuan utama bisnis ialah untuk mencari keuntungan bagi setiap perusahaan yang bergerak dalam bidangnya masing-masing, dan juga memberikan dampak yang positif bagi negara karena perusahaan yang berdiri harus membayar pajak kepda pemerintah.
Tujuan utama bisnis ialah untuk mencari keuntungan bagi setiap perusahaan yang bergerak dalam bidangnya masing-masing, dan juga memberikan dampak yang positif bagi negara karena perusahaan yang berdiri harus membayar pajak kepda pemerintah.
Teknologi Informasi dan Dunia Bisnis
Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat saat ini,
bisa dikatakan teknologi informasi telah memasuki ke segala bidang, salah
satunya dibidang bisnis. Bisnis tanpa adanya memanfaatkan teknologi informasi
tidak akan bisa maju dan terancam bangkrut. Banyak pelaku bisnis yang
memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung kemajuan bisnis dan
mendapatkan keuntungan yang diinginkan.
Dengan memanfaatkan teknologi informasi di bidang
bisnis akan memberikan dampak positif yang besar untuk jalanya bisnis yang kita
bangun. Berikut beberapa manfaat penting teknologi informasi dalam bidang
bisnis:
1). Munculnya peluang bisnis baru (E-business), dengan semakin majunya
teknologi dan informasi akan mendorong beberapa orang untuk menciptakan
beberapa peluang yang sangat menguntungkan dan sebagai modal bisnis yang sangat
menguntungkan. Contohnya pemanfaatan kemajuan teknologi dan komunikasi adalah
google. Di mana search engine google banyak digunakan untuk mencari sesuatu di
internet dan perusahaan google akan mendapatkan banyak keuntungan.
2). Mengurangi biaya produksi dan operasional, kemajuan teknologi dan
informasi dapat membantu perusahaan dalam mengurangi biaya produksi sehingga
perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang besar dengan mengeluarkan
pengeluaran yang sedikit. dan mengurangi operasional sehingga perusahaan dapat
menambah jumlah produksi di setiap barang produksinya.
3). Mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan,
mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan yang bekerja,
sehingga karyawan tidak perlu repot-repot datang ke ruang rapat dan berkumpul
bersama, dan bisa melakukan teleconference untuk saling berkomunikasi mengenai
beberapa ide. Hal tersebut membuat rapat menjadi lebih praktis dan juga dapat
mengawasi kinerja para karyawan.
4). Akses informasi dan penyebaran informasi, mempublikasikan berita
melalui internet dapat tersebar luas dengan cepat dibandingankan dengan menggunakan
fax atau pos. Kita dapat menyebar luaskan informasi ke seluruh dunia dan dapat
berinteraksi langsung melalui komputer.
5). Komunikasi yang cepat, fasilitas yang ada di internet banyak
membuktikan kecepatanya berkomunikasi dengan orang yang dituju, seperti E-mail
yang telah banyak digunakan untuk mengirim dan menerima dokumen. Chat atau
video conferencing juga mempercepat komunikasi.
Prosedur
Pendirian Bisnis
1. Tahapan pengurusan izin pendirian
Bagi
perusahaan skala besar hal ini menjadi prinsip yang tidak boleh dihilangkan
demi kemajuan dan pengakuan atas perusahaan yang bersangkutan. Hasil akhir pada
tahapan ini adalah sebuah izin prinsip yang dikenal dengan Letter of Intent
yang dapat berupa izin sementara, izin tetap hinga izin perluasan. Untk beerapa
jenis perusahaan misalnya, sole distributor dari sebuah merek dagang, Letter of
Intent akan memberi turunan berupa Letter of Appointment sebagai bentuk surat
perjanjian keagenan yang merupakan izin perluasan jika perusahaan ini memberi
kesempatan pada perusahaan lain untuk mendistribusikan barang yang diproduksi.
Berikut ini adalah dokumen
yang diperlukan, sebagai berikut :
a. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
b. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Selain itu terdapat
beberapa Izin perusahaan lainnya yang harus dipenuhi :
a. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP),
diperoleh melalui Dep. Perdagangan.
b. Surat Izin Usaha Industri (SIUI), diperoleh
melalui Dep. Perindustrian.
c. Izin Domisili.
d. Izin Gangguan.
e. Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
f. Izin dari Departemen Teknis.
2. Tahapan pengesahan menjadi badan hukum
Tidak
semua badan usaha mesti ber badan hukum. Akan tetapi setiap usaha yang memang
dimaksudkan untuk ekspansi atau berkembang menjadi berskala besar maka hal yang
harus dilakukan untuk mendapatkan izin atas kegiatan yang dilakukannya tidak
boleh mengabaikan hukum yang berlaku. Izin yang mengikat suatu bentuk usaha
tertentu di Indonesia memang terdapat lebih dari satu macam. Adapun pengakuan
badan hukum bisa didasarkan pada Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD),
hingga Undang-Undang Penanaman Modal Asing ( UU PMA ).
3. Tahapan penggolongan menurut bidang yang
dijalani
Badan
usaha dikelompokkan kedalam berbagai jenis berdasarkan jenis bidang kegiatan
yang dijalani. Berkaitan dengan bidang tersebut, maka setiap pengurusan izin
disesuaikan dengan departemen yang membawahinya seperti kehutanan,
pertambangan, perdagangan, pertanian dsb
4. Tahapan mendapatkan pengakuan, pengesahan dan izin dari departemen lain yang terkait
Departemen tertentu yang berhubungan langsung dengan
jenis kegiatan badan usaha akan mengeluarkan izin. Namun diluar itu, badan
usaha juga harus mendapatkan izin dari departemen lain yang pada nantinya akan
bersinggungan dengan operasional badan usaha misalnya Departemen Perdagangan
mengeluarkan izin pendirian industri pembuatan obat berupa SIUP. Maka sebgai
kelanjutannya, kegiatan ini harus mendapatkan sertifikasi juga dari BP POM,
Izin Gangguan atau HO dari Dinas Perizinan.
Kontrak
Bisnis
kontrak
adalah” Kaidah/aturan hukum yang mengatur hubungan hukum antar para pihak
berdasarkan kata sepakat untuk menimbulkan akibat hukum untuk melaksanakan
suatu prestasi/obyek perjanjian” dan Pengaturan umum tentang kontrak diatur
dalam KUHPerdata buku III. Penyusunan suatu kontrak
bisnis meliputi bebrapa tahapan sejak persiapan atau perencanaan sampai dengan
pelaksanaan isi kontrak. Tahapan-tahapan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Prakontrak
3. Pascakontrak
a.
Negosiasi a.
Pelaksanaan
b.
Memorandum of Understanding (MoU) b. Penafsiran;
c.
Studi kelayakan
c. Penyelesaian sengketa.
d.
Negosiasi (lanjutan)
2. Kontrak
a. Penulisan
naskah awal
b. Perbaikan
naskah
c. Penulisan
naskah akhir
d. Penandatanganan
Sebelum
kontrak disusun atau sebelum transaksi bisnis berlangsung, biasanya terlebih
dahulu dilakukan negosiasi awal. Negosiasi merupakan suatu proses upaya untuk
mencapai kesepakatan dengan pihak lain. Dalam negosiasi inilah proses tawar
menawar berlangsung. Tahapan berikutnya pembuatan Memorandum of Understanding (MoU). MoU merupakan
pencatatan atau pendokumentasian hasil negosiasi awal tersebut dalam bentuk
tertulis. MoU walaupun belum merupakan kontrak, penting sebagai pegangan untuk
digunakan lebih lanjut di dalam negosiasi lanjutan atau sebagai dasar untuk
melakukan studi kelayakan atau pembuatan kontrak. Setelah pihak-pihak
memperoleh MoU sebagai pegangan atau pedoman sementara, baru dilanjutkan dengan
tahapan studi kelayakan (feasibility study, due diligent) untuk melihat tingkat
kelayakan dan prospek transaksi bisnis tersebut dari berbagai sudut pandang
yang diperlukan misalnya ekonomi, keuangan, pemasaran, teknik, lingkungan,
sosial budaya dan hukum.
Prosedur
Pengadaan Bisnis
Prosedur pengadaan bisnis
terbagi mejadi dua, antara lain sebagai berikut:
Prosedur Pengadaan Tenaga
Kerja antara lain :
1. Perencanaan Tenaga Kerja
Perencanaan
tenaga kerja adalah penentuan kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang
dibutuhkan dan cara memenuhinya. Penentuan kuantitas dapat dilakukan dengan dua
cara yaitu time motion study dan peramalan tenaga kerja. Sedangkan penentuan
kualitas dapat dilakukan dengan Job Analysis. Job
Analysis terbagi menjadi dua, yaitu Job Description dan Job Specification / Job
Requirement. Tujuan Job Analysis bagi perusahaan yang
sudah lama berdiri yaitu untuk reorganisasi, penggantian pegawai, dan
penerimaan pegawai baru.
2. Penarikan Tenaga Kerja
Penarikan
tenaga kerja diperoleh dari dua sumber, yaitu sumber internal dan sumber
eksternal.
Sumber internal yaitu
menarik tenaga kerja baru dari rekomendasi karyawan lama dan nepotisme,
berdasarkan sistem kekeluargaan, misalnya mempekerjakan anak, adik, dan
sebagainya. Keuntungan menarik tenaga kerja dari sumber internal yaitu lowongan
cepat terisi, tenaga kerja cepat menyesuaikan diri, dan semangat kerja
meningkat. Namun kekurangannya adalah menghambat masuknya gagasan baru, terjadi
konflik bila salah penempatan jabatan, karakter lama terbawa terus, dan promosi
yang salah mempengaruhi efisiensi dan efektifitas. Tujuan menarik tenaga kerja
dari sumber internal adalah untuk meningkatkan semangat, menjaga kesetiaan,
memberi motivasi, dan memberi penghargaan atas prestasi.
Sumber
eksternal yaitu menarik tenaga kerja baru dari lembaga tenaga kerja, lembaga
pendidikan, ataupun dari advertising, yaitu media cetak dan internet.
Keuntungan menarik tenaga kerja dari sumber eksternal adalah dapat
meminimaslisasi kesalahan penempatan jabatan, lebih berkualitas dan memperoleh
ide baru/segar. Namun kekurangannya adalah membutuhkan proses yang lama, biaya
yang cukup besar, dan rasa tidak senang dari pegawai lama. Tujuan menarik
tenaga kerja dari sumber eksternal adalah untuk memperoleh gagasan/ide baru dan
mencegah persaingan yang negatif.
3. Seleksi Tenaga Kerja
Ada
lima tahapan dalam menyeleksi tenaga kerja, yaitu seleksi administrasi, tes
kemampuan dan psikologi, wawancara, tes kesehatan dan referensi (pengecekan).
Terdapat dua pendekatan untuk menyeleksi tenaga kerja, yaitu Succecive Selection Process dan Compensatory Selection Process. Succecive Selection Process adalah seleksi yang dilaksanakan secara bertahap atau sistem gugur. Compensatory Selection Process adalah seleksi dengan memberikan kesempatan yang sama pada semua calon untuk mengikuti seluruh tahapan seleksi yang telah ditentukan.
Terdapat dua pendekatan untuk menyeleksi tenaga kerja, yaitu Succecive Selection Process dan Compensatory Selection Process. Succecive Selection Process adalah seleksi yang dilaksanakan secara bertahap atau sistem gugur. Compensatory Selection Process adalah seleksi dengan memberikan kesempatan yang sama pada semua calon untuk mengikuti seluruh tahapan seleksi yang telah ditentukan.
4. Penempatan Tenaga Kerja
Penempatan tenaga kerja
adalah proses penentuan jabatan seseorang yang disesuaikan antara kualifikasi
yang bersangkutan dengan job specification-nya. Indikator
kesalahan penempatan tenaga kerja yaitu tenaga kerja yang tidak produktif,
terjadi konflik, biaya yang tinggi dan tingkat kecelakaan kerja tinggi.
Prosedur
Pengadaan Barang dan Jasa :
Jenis-jenis
metode pemilihan penyedia barang dan jasa ada empat, yaitu : Metode Pelelangan
Umum, Pelelangan Terbatas, Pemilihan Langsung, dan Penunjukan Langsung.
Jika menggunakan metode Penunjukan Langsung, maka prosedur pemilihan penyedia barang dan jasa seperti berikut :
Jika menggunakan metode Penunjukan Langsung, maka prosedur pemilihan penyedia barang dan jasa seperti berikut :
1. Penilaian
kualifikasi
4. Penunjukan
penyedia barang/jasa
2. Permintaan
penawaran dan negosiasi harga
5. Pengaduan
3. Penetapan
dan penunjukan langsung 6. Penandatanganan
kontrak
Aplikasi
Bisnis
Para eksekutif dari semua perusahaan Fortune 500 ada di dalamnya, dan
banyak bahkan menggunakan LinkedIn untuk merekrut karyawan untuk dipekerjakan
diperusahaan mereka. Namun walau demikian, Linked in bukan hanya untuk
orang-orang besar atau perusahaan besar saja, LinkedIn juga merupakan sumber
daya berharga untuk usaha kecil karena kita dapat tumbuh dan mendorong hubungan bisnis baru jika kita mau menfaatkan fasilitas dari LinkedIn ini. LinkedIn sendiri didirikan oleh
Reid Hoffman pada tahun 2002 silam, Situs ini memang belum sebesar Facebook
atau sepopuler Twitter. Sebab baru memiliki 161 juta anggota di lebih dari 200
negara.Namun untuk ukuran jejaring sosial profesional, prestasi LinkedIn
sejatinya cukup mentereng. Bahkan saat ini, mereka sudah mengakomodir 17
bahasa.
Inti dari jejaring sosial LinkedIn ini adalah untuk membuat hubungan
bisnis-ke-bisnis, namun kekuatannya melalui jaringan sosial yang sederhana. Tidak
peduli apa jenis pekerjaan atau jenis usaha kita, LinkedIn dapat bermanfaat untuk:
1. Mendemonstrasikan keahlian melalui
konten yang Anda posting di bagian Jawaban situs tersebut, dengan melalui
pertanyaan terbuka yang diajukan oleh orang lain di situs tersebut dan menjawab
pertanyaan yang ada dengan jawaban yang sesuai dengan keahlian kita.
2. Menghubungkan dengan profesional seperti
Anda di Grup yang bersangkutan. Melalui grup, kita dapat berdiskusi pada topik
yang sesuai dengan professi kita supaya dapat terhubung dengan para
professional lainnya.
3. Membantu upaya optimasi mesin
pencari Anda. Mesin pencari seperti Google menyukai inbound link. Halaman
profil pribadi Anda dan halaman perusahaan dapat memberikan tautan (link) ke
website Anda, ini dapatmemberikan Anda peringkat yang lebih tinggi di dunia
Google.
4. Mendapatkan informasi terbaru yang
berhubungan dengan professi kita. Dengan menggunakan
LinkedIn, Anda bisa mendapatkan berita terbaru dikirimkan langsung ke inbox
Anda dan / atau di bagian atas layar Anda setiap kali Anda log in.
Proses dan Strategi
Pengembangan Bisnis TI
Saat
ini penerapan teknologi informasi dan komunikasi diperlukan dalam dunia bisnis
sebagai alat bantu dalam upaya memenangkan persaingan. Pembangunan Teknologi
Informasi Perusahaan dilakukan secara bertahap sebelum sebuah sistem holistik
atau menyeluruh selesai dibangun, hal tersebut disesuaikan dengan kekuatan
sumber dayayang dimiliki. Dalam penerapannya rencana strategis
TeknologiInformasi senantiasa diselaraskan dengan Rencana Perusahaan,
agarsetiap penerapan Teknologi Informasi dapat memberikan nilai bagi
Perusahaan. Mengacu kepada Arsitektur Teknologi Informasi Perusahaan
pembangunan, penerapan Teknologi Informasi yang dilakukan dikategorikan sebagai
berikut :
a. Aplikasi Teknologi Informasi yang menjadi
landasan dari berbagai aplikasi lain yang ada di dalam Perusahaan antara lain
sistem operasi, basis data, network management dan lain-lain.
b. Aplikasi yang sifatnya mendasar (utility)
yaitu aplikasi Teknologi Informasi yang dipergunakan untuk berbagai urusan
utilisasi sumber daya Perusahaan anatara lain sistem penggajian, sistem
akuntansi & keuangan dan lain-lain.
c. Aplikasi Teknologi Informasi yang sesuai
dengan kebutuhan spesifikPerusahaan terutama yang berkaitan dengan proses
penciptaan produk/jasa yang ditawarkan Perusahaan antara lain Aplikasi
Properti, Aplikasi Forwarding dan Aplikasi Pergudangan.
Aturan
E-Business pada Bisnis :
1. Komunikasi
Yang dimaksud dengan
komunikasi adalah adanya fasilitas atau media yang memungkinkan terjadinya
pertukaran informasi, layanan, transaksi elektronik (pemesanan dan pembayaran
secara elektronik) dan perpindahan barang dari penjual ke pembeli. Media
komunikasi yang memadai yang bisa mempertemukan pelaku e-Business menjadi
syarat utama terselenggaranya.
2. Komersial (Perdagangan)
Sisi komersial yang
disyaratkan pada e-Business adalah adanya sistem untuk melakukan transaksi
online mulai dari promosi barang, pemesanan barang, pembayaran dan pengiriman
barang. Pembeli barang memesan barang tidak memerlukan melihat barang secara
langsung tetapi melalui gambar atau spesifikasi yang tercantum dalam website.
Sedangkan untuk pemesanan, sistem shopping online terhubung dengan sistem
inventory untuk mengetahui stock barang sehingga barang yang dibeli memang ada.
Untuk pembayaran, sistem shopping online harus terhubung dengan otoritas
pembayaran misalnya bank atau penyedia kartu kredit agar nilai yang dibayarkan
oleh pembeli berasal dari alat pembayaran yang sah dan memiliki nilai yang
cukup.
3. Proses Bisnis
Setiap pelaku e-Business
yang ingin melalukan transaksi elektronik dan mendapatkan manfaat semaksimal
mungkin dari e-Business harus melakukan optimalisasi proses bisnis internal
dengan memanfaatkan teknologi informasi agar aliran informasi, transaksi,
maupun lama pengiriman barang menjadi dipersingkat, biaya transaksi menjadi
lebih ekonomis jika dibandingkan dengan perdagangan yang dilakukan secara
tradisional.
4. Layanan
Bagi setiap institusi yang
menjadi pelaku e-Business, penggunaan teknologi informasi dan internet
seharusnya menjadikan layanan ke customer menjadi lebih baik, lebih ekonomis,
dan lebih terjangkau. Misalnya, dimensi barang yang ditawarkan beserta spesifikasinya
bisa diperiksa lebih seksama sebelum dibeli (diakses melalui website), tidak
diperlukan toko secara fisik, dan bisa diakses dari mana saja dengan
menggunakan internet. Bahkan dengan sistem informasi, customer bisat dilayani
secara khusus dan personal karena data-data aktifitas customer direkam dan bisa
dilakukan analisis untuk meningkatkan pelayanan.
5. Learning
Untuk meningkatkan
awareness baik diantara pengguna maupun pelaku e-Business, proses edukasi
sangat penting agar semakin banyak anggota masyarakat yang menyadari manfaat
dan kelebihan dari transaksi online. Perbedaan dengan transaksi tradisional
adalah pembeli dan penjual tidak perlu belajar sebelum melakukan transaksi
sedangkan transaksi online karena pengguna maupun pelaku tidak berhadapan
dengan manusia tetapi dengan mesin computer maka diperlukan proses edukasi agar
mereka bisa menggunakan fasilitas atau media transaksi dengan lancar.
6. Kolaborasi
Satu siklus transaksi
online antara penjual dan pembeli melibatkan stakeholder lain yang harus
berkolaborasi untuk menyelesaikan transaksi tersebut. Pada saat pembayaran maka
akan terjadi kolaborasi antara penyedia shopping online dengan bank atau
penyedia kartu kredit untuk menyelesaikan proses pembayaran. Setelah dibayar
maka terjadi kolaborasi antara penyedia shopping online dengan gudang, dan jasa
pengiriman barang untuk mengantarkan barang sampai ke pembeli. Pihak lain yang
juga terlibat adalah pihak asuransi untuk melakukan penjaminan transaksi maupun
atas barang yang dikirim. Kolaborasi yang terjadi dalam e-Business.
7. Komunitas
Dalam dunia maya (world
wide web) komunitas merupakan salah satu indikator untuk mengukur aktifitas
pengguna. Dalam e-Business, komunitas merupakan media yang cukup penting untuk
belajar dan memperbaiki diri secara terus menerus baik dari sisi pelaku maupun
pengguna dalam hal produk, layanan, maupun mekanisme transaksi.
Sumber:
https://wirasetiawan29.wordpress.com/2014/08/17/apa-itu-api/
https://id.wikipedia.org/wiki/Robot_humanoid
http://www.berkuliah.com/2014/07/kamu-jurusan-teknik-informatika-inilah.html
http://www.kompasiana.com/emijulaikah/manfaat-teknologi-informasi-di-bidang-bisnis_57492108337b61ad0f7fa86a
http://www.pakaronline.com/linked-in/mengenal-linkedin-dan-manfaatnya/
http://asqabete.blogspot.com/2012/01/aturan-pada-e-business.html
Sumber:
https://wirasetiawan29.wordpress.com/2014/08/17/apa-itu-api/
https://id.wikipedia.org/wiki/Robot_humanoid
http://www.berkuliah.com/2014/07/kamu-jurusan-teknik-informatika-inilah.html
http://www.kompasiana.com/emijulaikah/manfaat-teknologi-informasi-di-bidang-bisnis_57492108337b61ad0f7fa86a
http://www.pakaronline.com/linked-in/mengenal-linkedin-dan-manfaatnya/
http://asqabete.blogspot.com/2012/01/aturan-pada-e-business.html
terima kasih atas infonya ,jadi saya tau tentang trend nya sistem informasi dan teknologi ,, sangat bermanfaat ,,,
BalasHapuskunjungi website kami di http://www.atmaluhur.ac.id
thanks