Sistem adalah suatu
jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul
bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu
sasaran tertentu. Sedangkan sistem yang lebih menekankan pada elemen atau
komponennya medefinisikan sistem sebagai kumpulan dari elemen-elemen yang
berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Sistem informasi
adalah suatu sinergi antara data, mesin pengelolah data berupa komputer, program
aplikasi dan jaringan, serta manusia untuk menghasilkan informasi. Jadi sistem
informasi bukan hanya aplikasi perangkat lunak saja, bahkan sistem informasi
ada disetiap perusahaan dan instansi dalam melakukan kegiatan bisnis mereka
sehari-hari.
Sedangkan
pengertian dan hubungannya sistem informasi adalah sistem yang terintegrasi
yang dapat menyediakan informasi yang berguna untuk penggunanya. Sedangakan
teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian
informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi akan
lebih cepat, lebih luas sebarannya dan lebih lama penyimpanannya.
Sejarah Teknologi Informasi
Teknologi informasi
merupakan gabungan antara teknologi perangkat keras hardware dan perangkat
lunak software. Pengembangan teknologi hardware cenderung menuju ukuran
yang kecil dengan kemampuan serta kapasitas yang tinggi. Namun diupayakan
harga yang relatif semakin murah. Perkembangan teknologi informasi dapat
meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan
dengan cepat, tepat dan akurat sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.
Perkembangan teknologi informasi telah memunculkan berbagai jenis kegiatan yang
berbasis pada teknologi, seperti : e-government, e- commerce, e-education,
e-medicine, e-laboratory, dan lainnya, yang kesemuanya itu berbasiskan
elektronika.
Sejarah Teknologi Informasi
a. Masa Pra-Sejarah (…s/d 3000 SM)
Pada
masa pra-sejarah teknologi informasi digunakan sebagai sistem untuk pengenalan
bentuk-bentuk yang ingin dikenali. Informasi yang didapatkan kemudian
digambarkannya pada dinding-dinding gua atau tebing-tebing bebatuan. Mengkomunikasikan
informasi dengan gambar/lukisan menjadi pilihan yang baik karena
kemampuan berbahasa pada waktu itu hanya berkisar pada suara dengusan dan
isyarat tangan. Perkembangan selanjutnya mereka mulai menggunakan alat-alat
yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat
dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap
keadaan tertentu seperti keadaan bahaya
b. Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
Pada
masa sejarah, teknologi informasi berkembang pada masayarakat kalangan atas
seperti para kepala suku atau kelompok, digunakan pada kegiatan tertentu
seperti upacara, dan ritual. Teknologi informasi belum digunakan secara masal
seperti yang kita kenal sekarang ini.
1) Masa Tahun 3000SM
Pada
masa ini orang mulai mengenal simbol atau tulisan dan ditemukan pertama kali
simbol untuk informasi, digunakan oleh Bangsa Sumeria. Tulisan yang digunakan
waktu itu berupa simbol-simbol yang dibentuk dari pictograf sebagai
huruf. Simbol atau huruf-huruf yang digunakan sudah mempunyai bunyi yang
berbeda dalam penyebutannya untuk setiap bentuk, sehingga sudah mampu membentuk
kata, kalimat dan bahasa.
2) Masa Tahun2900 SM
Pada
masa ini ditemukan bahwa Bangsa Mesir Kuno sudah mengenal dan menggunakan huruf
yang disebut Hierogliph. Huruf hierogliph sudah merupakan bahasa simbol untuk
sebuah ungkapan. Untuk setiap ungkapan dinyatakan dengan simbol yang berbeda,
dan apabila digabungkan menjadi satu maka akan mempunyai cara pengucapan dan
arti tersendiri. Bentuk tulisan dan bahasa hierogliphini lebih maju dan lengkap
dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria
3) Masa Tahun 500 SM
Masa
ini ditandai dengan pengenalan pada media informasi yang sebelumnya menggunakan
lempengan tanah liat. Pada masa ini manusia sudah mengenal media untuk
menyimpan informasi yang lebih baik dengan serat pohon. Serat papyrus
yang berasal dari pohon Papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil
ini dijadikan media menulis/media informasi pada masa itu. Serat papyrus
lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah sebagai media
informasi. Selanjutnya serat papyrus merupakan cikal bakal media yang kita
kenal sekarang ini yaitu media kertas.
4) Masa Tahun 1455
Masa
ini ditandai dengan upaya menciptakan mesin cetak. Pasa masa ini manusia sudah
menggunakan mesin cetak yang berupa plat huruf yang tebuat dari besi. Kemudian
plat tersebut diganti dengan bingkai yang tebuat dari kayu yang dikembangkan
dikembangkan untuk pertama kali oleh Johann Gutenberg.
5) Masa Tahun 1800-an
Pada
tahun 1830 orang sudah mengenal program komputer. Augusta Lady Byronpertama menulis program komputer yang
berkerjasama dengan Charles Babbage. Mereka menggunakan mesin analytical.
Mesin analytical dengan programnya didesain untuk
mampu menerima data, mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam
sebuah kartu. Selanjutnya, mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital
yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis dari yang bersifat
digital. Mesin ini merupakan cikal bakal komputer digital pertama ENIAC I
pada 94 tahun kemudian.
Pada
tahun 1837 ditandai dengan teknologi pengiriman informasi. Samuel Morse
mengembangkan telegraph dan bahasa kode morse bersama Sir
William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Mereka
mengirim informasi secara elektronik antara 2 (dua) tempat yang
berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat tersebut. Pengiriman
dan penerimaan informasi ini mampu mencapai selisih waktu yang baik dan hampir
terjadi pada waktu yang bersamaan. Penemuan ini memungkinkan informasi dapat
diterima dan dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dirintangi atau
dibatasi oleh jarak dan waktu.
6) Masa Tahun 1900-an
Tahun
1923 Zvorkyn menciptakan tabung TV (Televisi) yang pertama.
Tahun 1940 dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang
informasi pada masa perang dunia II yang dipergunakan untuk kepentingan
pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic
tape. Tahun 1945 Vannevar Bush mengembangkan sistem
pengkodean menggunakan hypertext. Tahun 1946 komputer
digital pertama didunia yaitu ENIAC I dikembangkan. Tahun 1948
para peneliti di Bell Telephone mengembangkan Transistor. Tahun 1957 Jean
Hoerni mengembangkan transistor planar. Teknologi ini
memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan ke dalam
sebuah keping kecil kristal silikon.
Tahun
1969 sistem jaringan yang pertama dibentuk dengan menghubungkan 4 nodes
(titik), antara University of California, SRI
(Stanford), University California of Santa Barbara,
dan University of Utah dengan kekuatan 50Kbps. Tahun
1972 Ray Tomlinson menciptakan program e-mail yang
pertama. Tahun 1973 – 1990 istilah internet diperkenalkan dalam sebuah
paper mengenai TCP/IP (Transmission Control Protocol) kemudian
dilakukan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan
nama TCP/IP yang dikembangkan oleh grup dari DARPA.
Perkembangan Komputer
Istilah Komputer berasal dari bahasa latin
"computare", yang berarti alat hitung, karena awalnya komputer lebih
digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum
akhirnya menjadi perangkat multifungsi. Komputer saat ini adalah hasil evolusi
panjang dari komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah alat mekanik dan
elektronik. Komputer di bagi dalam beberapa generasi berdasarkan sejarah
perkembangannya. Pada setiap generasi dibedakan berdasarkan kemampuan
teknologinya untuk melakukan serangkaian proses (capability), makin rendah
biaya operasionalnya (efficiency) dan makin mudah menggunakannya (user
friendly). Berikut beberapa perkembangan generasi komputer:
Generasi pertama
Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua,
negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan
komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini
meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik
komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun
sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
Generasi kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat
memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di
televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang
drastic. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.
Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu
pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat
diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama
yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat
superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC.
Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat
menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh
peneliti atom.
Generasi ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube
vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat
berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock)
menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument,
mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun
1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan
silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil
memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang
disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi
ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang
memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori
komputer.
Generasi keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas:
mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration
(LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very
Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip
tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut
menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu
keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan
ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan
keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa
kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer
(central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip
yang sangat kecil.
Generasi kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup
sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi
kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul
2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah
komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence
atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan
manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Central Processing Unit (CPU)
CPU merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena merupakan otak dari komputer tersebut. CPU atau sering juga disebut dengan microprocessor atau processor merupakan pusat pengolahan data dan pengontrolan kerja komputer. Karena itu, kinerja sebuah komputer sangat tergantung pada kinerja CPUnya.
Harddisk
b. Pemahaman komputer perangkat luna
Perangkat
Komputer
Perangkat komputer merupakan komponen terpenting pada
komputer karena tanpa perangkat komputer maka komputer tidak akan bisa menyala,
satu saja kompunen pada komputer yang tak terpasang maka dipastikan komputer
tidak akan menyala atau bisa juga kesalahan dalam merakit komponen komputer
sangatlah fatal karena akan merusak bagian dari komponen yang lainnya, maka
dari itu apa saja perangkat yang ada pada komputer:
Motherboard
Motherboard merupakan
perangkat komputer yang berfungsi sebagai tempat perankat-perangkat lain,
seperti processor, memori, VGA Card, Sound Card, dan LAN Card. Setiap perangkat
memiliki slot tersendiri sehingga memungkinkan perangkat tersebut melekat di
motherboard.
Memori adalah perangkat
keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah
diproses oleh processor. Memory sendiri tebagi menjadi 2 bagian yaitu
RAM (Random access memory) dan ROM (Read only memory).Central Processing Unit (CPU)
CPU merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena merupakan otak dari komputer tersebut. CPU atau sering juga disebut dengan microprocessor atau processor merupakan pusat pengolahan data dan pengontrolan kerja komputer. Karena itu, kinerja sebuah komputer sangat tergantung pada kinerja CPUnya.
Harddisk
Harddisk merupakan komponen komputer penyimpan data yang
paling terbesar kapasitasnya, bahkan hingga saat ini harddisk sudah memiliki
kapasitas sebesar 1.000 GigaByte atau yang sering kita sebut 1 TeraByte.
VGA Card
VGA Card
Vga card merupakan komponen komputer yang berfungsi untuk
merubah sinya digital menjadi sinyal gambar yang akan ditampilkan pada monitor.
LAN Card
LAN Card
Lan card merupakan komponen komputer yang berfungsi
menghubungkan komputer pada jaringan internet yang terhubung pada connector RJ
45.
Monitor
Monitor
Monitor merupakan
perangkat output yang memberikan tampilan visual kepada pengguna komputer.
Mouse
Mouse
Mouse merupakan suatu
perangkat yang digunakan untuk menjelajahi program dan menjalankan sebuah perintah.
Keyboard
Keyboard
Keyboard adalah
seperangkat tombol-tombol yang berfungsi sebagai media masukan bagi komputer.
Printer
Printer
Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk
menghasilkan cetakan dari komputer ked lam bentuk dokumen, gambar, bahkan
dokumen disertai dengan gambar.
Speaker
Speaker
Speaker merupakan perangkat output untuk mengeluarkan
suara dari komputer, dan jenis lain dari speaker adalah earphone atau headset.
Pemanfaatan
sistem teknologi informasi
Pemanfaatan sistem teknologi informasi sendiri banyak
sekali mempengaruhi perkembangan kinerja baik di bidang indrustri, perkantoran,
pendidikan dan yang lainnya. Contohnya dibidang pendidikan dengan adanya sistem
teknologi informasi para siswa dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang
lebih luas tidak hanya dari sekolah saja tapi dari dunia internet yang biasanya
untuk mengerjakan tugas yang diberikan dari bapak/ibu guru, selain informasi
secara materi yang didapatkan kita juga bisa terhubung dengan orang-orang yang
jauh dari kita dengan mudah dan cepat dikarenakan perkembangan teknologi dengan
pesat yang menciptakan aplikasi berbasis chat sperti yang sudah beredar saat
ini.
Perkembangan
perangkat keras dan perangkat lunak
a. Pemahaman komponen perangkat keras
a. Pemahaman komponen perangkat keras
Input
Perangkat masukan atau input device adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Alat input tidak bisa bekerja tanpa adanya software atau perangkat lunak. Ada dua jenis perangkat masukan yaitu peralatan input langsung (langsung diproses. Contoh: keyboard dan mouse) dan peralatan input tidak langsung (harus melalui media tertentu. Contoh: harddisk dan flashdisk).
Proses
Process Device pada komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia. Peralatan proses terdiri dari beberapa komponen perangkat keras komputer yang saling berhubungan satu sama lain. Peralatan proses tersebut meliputi cpu, motherboard, prosesor, ram, rom, memory, vga card, lan card, cmos, hard disk, floppy disk, cd rom, dvd rom, power supply, dan lain-lain.
Control
I/O adalah Suatu perangkat yg berhubungan dengan sistem komputer dengan cara mengirim sinyal melalui suatu kabel atau bahkan melalui udara. I/O merupakan salah satu komponen computer yang penting, I/O devices menjadikan komputer berguna bagi manusia, Sebuah sistem kontrol I/O bertujuan untuk memberikan bantuan kepada user untuk memungkinkan mereka mengakses berkas, tanpa memperhatikan detail dari karakteristik dan waktu penyimpanan.
Penyimpanan
Komputer mempunyai perangkat keras untuk media penyimpanannya. Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data. Contoh dari memori eksternal pada komputer adalah harddisk, cd-rom, dvd.
Output
Output Device atau biasa disebut perangkat keluaran adalah perangkat yang berguna untuk menampilkan pengeluaran sebagai hasil pengolahan data. Contohnya monitor, printer, speaker, rojector, dan yang lainnya.
Perangkat masukan atau input device adalah perangkat keras yang berguna untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Alat input tidak bisa bekerja tanpa adanya software atau perangkat lunak. Ada dua jenis perangkat masukan yaitu peralatan input langsung (langsung diproses. Contoh: keyboard dan mouse) dan peralatan input tidak langsung (harus melalui media tertentu. Contoh: harddisk dan flashdisk).
Proses
Process Device pada komputer adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia. Peralatan proses terdiri dari beberapa komponen perangkat keras komputer yang saling berhubungan satu sama lain. Peralatan proses tersebut meliputi cpu, motherboard, prosesor, ram, rom, memory, vga card, lan card, cmos, hard disk, floppy disk, cd rom, dvd rom, power supply, dan lain-lain.
Control
I/O adalah Suatu perangkat yg berhubungan dengan sistem komputer dengan cara mengirim sinyal melalui suatu kabel atau bahkan melalui udara. I/O merupakan salah satu komponen computer yang penting, I/O devices menjadikan komputer berguna bagi manusia, Sebuah sistem kontrol I/O bertujuan untuk memberikan bantuan kepada user untuk memungkinkan mereka mengakses berkas, tanpa memperhatikan detail dari karakteristik dan waktu penyimpanan.
Penyimpanan
Komputer mempunyai perangkat keras untuk media penyimpanannya. Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data. Contoh dari memori eksternal pada komputer adalah harddisk, cd-rom, dvd.
Output
Output Device atau biasa disebut perangkat keluaran adalah perangkat yang berguna untuk menampilkan pengeluaran sebagai hasil pengolahan data. Contohnya monitor, printer, speaker, rojector, dan yang lainnya.
1) Evolusi
perangkat lunak
Tahap Pertama (1950 – 1960)
Evolusi perangkat lunak tahap pertama dimulai
pada awal 1950-an sampai pertengahan 1960. Pengembangan perangkat lunak komputer pada
tahap pertama mempunyai ciri-ciri yaitu berorientasi batch, distribusi software terbatas
untuk kalangan tertentu sehingga apabila ada perusahaan yang ingin
dibuatkan software khusus harus memesan terlebih dahulu.
Tahap Kedua ( 1960 – 1970)
Evolusi perangkat lunak Tahap Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an. Pengembangan perangkat lunak tahap kedua mempunyai ciri-ciri multi user. Pengguna dari software sudah banyak dan bisa saling berbagi. Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer Interaction). Selain itu, ciri dari tahap kedua ini adalah real time. Real Time disini adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta menghasilkan output yang diinginkan. Dalam tahap ini, sudah banyak juga paket perangkat
Evolusi perangkat lunak Tahap Kedua dimulai pertengahan tahun 1960-an sampai awal tahun 1970-an. Pengembangan perangkat lunak tahap kedua mempunyai ciri-ciri multi user. Pengguna dari software sudah banyak dan bisa saling berbagi. Ciri ini menunjukkan ada perkembangan baru yaitu interkasi manusia dan komputer (Human Computer Interaction). Selain itu, ciri dari tahap kedua ini adalah real time. Real Time disini adalah suatu kondisi dimana sistem dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasikan data dari banyak sumber kemudian mengatur proses serta menghasilkan output yang diinginkan. Dalam tahap ini, sudah banyak juga paket perangkat
Tahap Ketiga (1970 – 1990)
Evolusi perangkat lunak tahap ketiga,
dimulai pertengahan tahun 1970 sampai awal tahun 1990. Pengembangan
perangkat lunak sudah maju sedemikian pesat. Perangkat lunak sudah
menggunakan sistem terdistribusi, sehingga penyampaian informasi dari komputer sumber ke komputer tujuan akan
terasa sangat cepat. Dalam era ini, perangkat keras dari suatu komputer
harganya sangat murah. Selain itu, pesanan perangkat lunak sudah sangat
mendominasi dari penyelesaian suatu masalah sehingga penggunaan software pada
masa itu sudah sedemikian jauh.
Tahap Keempat (1990 – 2000)
Evolusi perangkat lunak tahap keempat dimulai
tahun 1990 sampai tahun 2000. Pada tahap ini, perangkat lunak sudah mendominasi
dari pengembangan perangkat keras, sehingga perangkat keras dalam hal ini
komputer sangat dikendalikan oleh suatu sistem operasi. Tingkat
kecerdasan dari perangkat lunak semakin ditingkatkan sehingga perangkat lunak
atau software dilatih mempunyai kecerdasan seperti yang dimilik manusia.
Terbukti dengan adanya penemuan kecerdasan buatan, jaringan syaraf tiruan,
sistem pakar dan logika fuzzy. Jaringan komputer, pemrosesan komputer paralel
sangat mendominasi pada era ini. Dan, pada masa ini pula pemrograman
sudah berorientasi obyek oriented programming (OOP).
Perangkat lunak atau software dapat diklasifikasikan menjadi 4 macam yaitu:
a) Sistem
Operasi (Operating System)
Sistem opersi yaitu program yang berfungsi untuk
mengendalikan sisitem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input,
output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem
operasi berfungsi sebagai penghubung antar manusia (User) dengan perangakat
keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) yang digunakan.
b) Program
Aplikasi (Application Programs)
Proram aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang
khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, pengolah
lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.
c) Bahasa
Pemrograman (Programming Language)
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang di gunakan
untuk menerjemahkan instruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke
bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar di terima oleh
komputer. Ada 2 level bahasa pemrograman, yaitu: Bahasa tingkat rendah (Low
Level Language) dan Bahasa tingkat tinggi (High Level Language).
d) Program
Bantu (Utility)
Perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi
pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, serta merupakan
perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya memformat flashdisk,
mengkopi data, mengkompres file dan pemeriksaan keras (Hardware
Troubleshooting), mengatur isi ulang hardisk (partisi, defrag) dan lain-lain.
Contohnya: Norton Utility, Antivirus, Winrar.
1) Bahasa pemograman.
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang di gunakan
untuk menerjemahkan instruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke
bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar di terima oleh
komputer. Ada 2 level bahasa pemrograman, yaitu: Bahasa tingkat rendah (Low
Level Language) dan Bahasa tingkat tinggi (High Level Language).
2) Sistem operasi
Sistem opersi yaitu program yang berfungsi untuk
mengendalikan sisitem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input,
output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem
operasi berfungsi sebagai penghubung antar manusia (User) dengan perangakat
keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) yang digunakan.
3)
Utility
Perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi
pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, serta merupakan
perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya memformat flashdisk,
mengkopi data, mengkompres file dan pemeriksaan keras (Hardware
Troubleshooting), mengatur isi ulang hardisk (partisi, defrag) dan lain-lain.
Contohnya: Norton Utility, Antivirus, Winrar.
1) Aplikasi
office
Aplikasi office merupakan
aplikasi yang dibuat untuk mempermuda pengguna dalam melakukan pekerjaan, baik
dalam mengelolah kata yang digunakan dalam membuat surat, pengelolahan angka
yang digunakan dalam membuat laporan keuangan, presentasi, dan yang lainnya.
2) Aplikasi
multimedia
Multimedia
adalah suatu sarana (media) yang didalamnya terdapat perpaduan (kombinasi)
berbagai bentuk elemen informasi, seperti teks, graphics, animasi, video
interaktif maupun suara sebagai pendukung untuk mencapai tujuannya yaitu
menyampaikan informasi atau sekedar memberikan hiburan bagi target
audience-nya. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan seperti game.
3) Aplikasi internet
Aplikasi Internet adalah
istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu.
Karenanya, internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi
yang sesuai. Contoh beberapa aplikasi internet meliputi WWW (World Wide Web), e-mail, file transfer protocol (FTP), png,
dll.
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer
https://pakteo.wordpress.com/2011/04/11/teknologi-informasi/
http://halimahironti.blogspot.co.id/2015/10/sejarah-perkembangan-sistem-informasi.html